Beranda Contoh MC Kata Bijak Sambutan Tata Bahasa Puisi Sastra

Orang yang mencintai Al-Qur'an


Usaid bin Hudhair masuk Islam lantaran mendengar Kalam Ilaahi yakni Al-Qur'anul Karim yang pada saat itu dibacakan oleh seorang Shahabat yang bernama Mush'ab bin umar. Mush'ab sendiri merupakan seorang shahabat yang pernah diperintahkan langsung oleh Rasulullah untuk menyampaikan risalah kemadinah, dengan pembacaan Al-Qur'an yang di kumandangkan Mush'ab maka Usaid bin Hudhair pun masuk Islam, bahkan Usaid bin Hudhair sendiri sangat mencintai Al-Qur'an.

Pada suatu ketika Usaid sedang duduk bersantai dibekang rumahnya, dan sudah menjadi sebuah hal yang biasa kala itu Usaid sedang melantunkan Ayat suci A-Qur'an, karena kecintaanya kepada Al-Qur'an, waktu itu tepat malam hari, dibelakang Rumah Usaid bin Hudhair terdapat Kuda yang bisa dijadikan tunggangannya saat berjihad dan kuda tersebut ditambatkan didekatnya.

Malam yang sunyi, dingin serta sepi Sahabat Usaid yang dengan penuh perasaan melantunkan Ayat Al-Qur'an tersebut, tiba-tiba hatinya tergerak untuk membaca ayat Al-Qur'an Surat Al-Baqoroh ayat 14 dari mulut Usaid.

"Alif laam Miim. Inilah kitab yang tak ada keraguan padanya. Menjadi petunjuk bagi orang yang bertaqwa...." dan seterusnya, mendengar bacaan tersebut, tiba-tiba kuda yang ditambatkan didekatnya meronta-ronta serta berlari-lari, berputar-putar kesana kemari tak tahu arah, kuda tersebut jungkir balik sekuat tenaga hingga tali pengikatnyapun putus.Usaid yang merasa aneh dengan tingkah laku kudanya tersebut, Usaidpun secara seketika menghentikan lantunan ayat tersebut, dan kuda tersebut diam.

Kemudian Usaid kembali melantunkan Ayat Al-Qur'an, tiba-tiba Kuda itu kembali meronta bahkan lebih beringas, ketika itu Usaid belum sadar bahwa kuda tersebut beringas karena bacaan Al-Qur'an yang dibacanya, dengan tanpa sadar pula Usaid memandang keatas langit terlihatlah sebuah pemandangan yang sangat indag dan menakjubkan diatas langit tersebut, terlihat seperti payung raksasa serta awan-awan yang mengumpul bagaikan lampu kristal. namun pemandangan itu pudar dan kembali seperti semula, awan yang menggumpal  tersebut lenyap dari pandangan, Usaid berkata " belum pernah kulihat pemandangan seperti ini " dengan kagumnya Usaid.
Pada Keesokan harinya Usaid menceritakan hal tersebut kepada Nabi, Nabipun berkata :

"Itu adalah para Malaikat yang ingin mendengarkan engkau membaca Al-Qur'an. Seandainya kau meneruskan bacaan tersebut niscaya banyak orang yang melihat pemandangan tersebut, pemandangan yang indah itu tak akan tertutup bagi mereka" sabda Rasulullah. 
Demikian Kisah Sohabat Usaid bin Hudhair yang sangat cinta kepada Al-Qur'an, bagaimana dengan kita apakah sudah cinta kepada Al-Qur'an, kisah tersebut seperti yang diriwayatkan oleh H.R Bukhari dan Muslim.

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, Silahkan berkomentar