Beranda Contoh MC Kata Bijak Sambutan Tata Bahasa Puisi Sastra

Pidato Memperingati Hari Sumpah Pemuda ( 28 Oktober..... )

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita sekalian.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalanmya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat serta karunianya, kita dapat berkumpul di tempat ini tanpa ada suatu halangan apapun, dan tanpa kurang satupun, dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Saudara-saudara sekalian, khususnya para pemuda dan pemudi Yang tercinta.
Pada hari ini, kita memperingati hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, khusunya di kalangan para pemuda dalam memperjuangakan Indonesia menjadi sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Pada setiap tanggal 28 Oktober, kita tidàk bisa melupakan peristiwa monumental yang sangat bersejarah itu, yaitu lahirnya sebuah pergerakan para pemuda yang bersekala nasional dan lebih modem dalam partisipasinya menuju Indonesia merdeka. Yaitu lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Saudara-saudara yang berbahagia. 
Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 1925, para pelajar di luar negeri mendirikan organisasi yang benama Perhimpunan Indonesia yang berpusat di negeri Belanda. Organisasi ini adalah kelanjutan dan organisasi Indische Verenigiung yang dibentuk pada tahun 1908, yang lalu berganti nama menjadi Indonesiche Vereeniging pada tahun 1922.

Sementara itu, di Indonesia berdiri pula beberapa perkumpulan pemuda, yang pada mulanya perkumpulan itu masih bersifat kedaerahan. Kemudian beberapa pemuda mengambil prakarsa menyatukan perkumpulan pemuda dari berbagai daerah dàlam satu wadah. Pada tahun 1926 mereka menyelenggarkan Kongres Pemuda Indonesia I di Jakarta. Namun kongres pertama ini belum membuahkan hasil yang signifikan. Pada akhir bulan Oktober 1928, diadakan lagi Kongres Pemuda Indonesia II dan dalam kongres ini diambil langkah dan keputusan penting yang sangat strategis yang lebihpopuler dikenal dengan istilih Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda ini berisikan pengakuan bahwa sebagai putera-puteri Indonesia bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia; dan berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Peristiwa Sumpah Pemuda ini, membawa pengaruh yang sangat besar dalam pergerakan nasional, dengan didorong lahirnya Sumpah Pemuda ini, pada tahun 1930, terbentuklah organisasi nasional pemuda yang bernama Indonesia Muda. Organisasi pemuda ini merupakan fusi berbagai organisasi pemuda yang ada di Indonesia.

Dan dalam perjalanan perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia, para pemuda selalu mengambil peran aktif. Pada masa penjajahan Jepang, misalnya di antara mereka ada yang menjadi tentara Peta (Pembela Tanah Air). Karena penindasan dan kekejaman Jepang terhadap rakyat semakin keras di mana tata kehidupan rakyat berserta norma-normanya tidak dihargai lagi bahkan diinjak-injak oleh jepang, maka para pemuda yang bergabung dalam Peta tersebut bersepakat untuk melakukan pemberontakan yang terkertal dengan pemberontakan Peta di Belitar pada tanggal 15 Pebruari 1945.

Saudara, para pemuda dan pemudi yang berbahagia. 
Melalui peringatan hari Sumpah Pemuda ini, kita jadikan sebagai pendorong untuk membangkitkan semangat perjuangan kita demi masa depan bangsa dan negara. Kita jangan sampai hanyut terseret oleh derasnya arus budaya barat yang tidak sesuai dengan norma dan budaya kita yang elok. Kita persiapkan diri kita dengan yang sebaik-baiknya, disamping kita ikut mengambil peran aktif dalam perjuangan mamajukan rakyat dan bangsa Indonesia.

Para pemuda memegang peranan penting bagi berlangsungnya kehidupan suatu bangsa yang akan datang. Merekalah yang akan menerima tongkat estafet perjungan generasi tua. Dalam kesempatan baik ini, perkenankan saya mengutip sabda Nabi saw. yang berkenaan dengan peran penting para pemuda, beliau berpesan sebagaimana yang diungkapkan dalam sabda beliau yang artinya:
"Aku wasiatkan kepadamu agar supaya bersikap baik terhadap para pemuda (angkatan muda). Sesungguhnya hati dan jiwa mereka sangat halus. Maka Tuhan mengutus aku sebagai pembawa berita gembira pahala surga), dan pembawa peringatan (ancaman siksa neraka). Angkatan mudalah yang menyambut dan menyokong aku sedangkan angkatan tua menentang dan memusuhi aku. Lalu Nabi membaca firman Allah Ta'ala: Maka sudah yang terlalu lama waktu (hidup) yang mereka lewati, sehingga hati mereka kasar." (Al-Hadits)

Nabi Muhammad saw. mengingatkan kepada kita akan pentingnya, peranan para pemuda, beliau menyadarkan kepada kita akan kedudukan kunci mereka,untuk masa datang dan bahkan juga buat masa sekarang.

Para Pemuda memegang peranan penting dan menentukan sebagai pewaris perjuangan yang kini sedang berlangsung. Olehsebab itu mereka harus dibina, dididik, dikader dan dikelola secara baik, Sehingga mereka memiliki kemampuan dan kecakapan yang cukup untuk mengemban amanat demi berlangsunya kehidupan mendatang yang lebih baik. Angkatan muda mempunyai hak partisipasi untuk mengelola zaman yang sekarang, karena mereka memiliki ketangkasan dan daya kreasi, produktif, inovatif, energik dan gigih serta kuat dalam menyambut perubahan.

Saudara, para pemuda dan pemudi yang berbahagia. 
Masamuda memiliki rentang waktu yang cukup panjang dengan cirikhas dinamikanya yang begitu atraktif dan cenderung melakukan perubahan melalui ide-ide segarnya. Sebagai pemuda kita harus rajin belajar melatih dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Dalam hal ini perintah lebih banyak ditekankan padagenerasi tua agar benar-benar memperhatikan pendidikan anak-anaknya, Supaya mereka berilmu tinggi, berbudi pekerti yang luhur, memiliki kecakapan dan etos kerja yang baik, profesional sertamempunyi daya kreasi, juga mental perjuangan yang tangguh.

Oleh sebab itu, sebagai pemuda, di samping kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi menghindari segala bentuk budaya negatif yang begitu deras mengalir membanjiri kehidupan di era globalisasi ini, kita Juga harus berpartisipas mengambil peran dalam perjuangan membangun masyarakat yang berkualitas dan berperadaban tinggi.

Saudara, para pemuda dan pemuda yang berbahagia. 
Demikianlah, Pidato Yang dapat saya sampaikandalam peningatan hari Sumpah Pemuda dalam kesempatan yang baik, akhirnya saya ucapkan selamat berjuang, pantang mundur dalam memajukanbangsa dan negara semoga Tuhan Yang Maha Kuasa merestui dan meridhoi kita semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, Silahkan berkomentar