Beranda Contoh MC Kata Bijak Sambutan Tata Bahasa Puisi Sastra

Contoh MC/Pembawa Acara Pernikahan Walimatu 'Ursy

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil’alamin, wash shalatu was salamu’alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa’ala aalihi wa ash-habihi ajmain, amma ba’du:

Yang kami mulyakan para alim ulama yang senantiasa kamitaati. Kepada yang terhormat bapak ........., bapak ibu hadirin dan hadirat para undangan yang kami hormati, wabil khusus kedua mempelai yang kini hatinya sedang berbunga-bunga karena berbahagia. Mengawali pertemuan resepsi pernikahan atau walimatul ‘ursy ini, sudah sepatutnyalah kita bersyukur kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq danhidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada saat ini, kita dalam keadaan sehat wal afiat, bisa berkumpul, menghadiri undangan bapak ...... /ibu ...... dalam acara resepsi pernikahan putranya bernama ....... dengan pasangan yang dlcintainya bernama ......
Shalawat dan salam semoga kiranya tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah memberikan petunjuk, jalan kebenaran, memberikan pencerahan dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang yakni agama Islam.

Seperti telah kita saksikan .bersama bahwa kedua mempelai sedang bersanding di hadapan kita, bagaikan seorang raja dan ratu yang sedang berbahagi, hatinya berdebar-debar menantikan saat saat indah di malam pertama. Semoga kiranya akad nikah yang baru saja dilaksanakan tadi mendapatkan berkah dari Allah SWT. sehingga sepasang suami lstri ini nantinya dapat membina dan menciptakan rumah tangga yang harmonis, dan kasih, saling asah asih asuh rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. 

 Perlu kami sampakan Selaku pembawa acara, pada resepsi pernikahan ini yaitu.

1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an
3. Penyerahan dari keluarga mempelai Putra
4. Penerimaan dari keluarga mempelai Putri
5. Siraman Flohafil (nasehat pernikahan)
6. Penutup/doa.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia. Demikianlah susunan acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy pada sore hari ini.

PEMBUKAAN:
Untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Ummul Qur’an. Ila hadrotin nabbiyil musthofa sayyidina muhammadin saw. Alfatihah...
(Setelah membaca surat Al-fatihah bersama-sama lalu MC melanjutkan)
Semoga dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi, acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, amin.

PEMBACAAN AYAT-AYAT SUCI AL-QUR’AN:
Melangkah pada acara yang kadua yaitu Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakab oleh .... kepadanya dipersilahkan.
(Sesudah qari’ selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, MC kembali melanjutkan acara ...)
Kepada ...... kami sampaikan bnayak terima kasih, semoga pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an tadi, pahalanya diberikan kepada pembaca khususnya kepada mempelai berdua, juga kita semua yang mendengarkanya. 

PENYERAHAN DARI KELUARGA MEMPELAI PUTRA:
Melangkah pada acara yang ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluarga mempelai putra kepada mempelai keluarga putri, ayang akan disampaikan oleh yang terhormat bapak ...... kepadanya dipersilahkan.
(Setelah sambutan penyerahan selesai, MC kembali melanjutkan acara)
Demikian tadi
Demikian tadi Sambutan penyerahan Yang telah disampaikan oleh bapak ........... Kepadanya kami Sampaikan banyak-banyak terima kasih. Tentulah kiranya mempelai putri dan keluarga dapat mengerti dan menerimanya dengan sepenuh hati dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

PENERIMAAN DARI KELUARGA MEMPELAI PUTRI
Acara selanjutnya yaitu penerimaan dari pihak mempelai putri, dalam hal ini akan disampaikan oleh yang terhormat bapak ..... kepadanya dipersilahkan.
(setelah sambutan penyerahan  selesai, MC kembali memimpin acara).
Kepada Bapak ......, kami sampaikan terima kasih yang sebanyak-bnyaknya, demikianlah tadi telah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai, marilah kita iringi do’a, semoga kedua mempelai senantiasa mendapat limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga dapat membina mahligai rumah tangga yang bahagia fiddunya wal akhirah, amin ya rabbal alamin.

SIRAMAN ROHANI /NASEHAT PERNIKAHAN:
Sekarang sampailah kita pada acara yang keilima, yaitu Siraman rohani atau mauidhatul hasanah nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh Al Mukarom BapakKH .......... .. Kepada beliau dipersilahkan.(Setelah mauidhatul hasanah selesai, MC memimpin acara lagi, menyampaikan ucapan terima kasih dengan mengucapkan,).
Kepada yang terhormat bapak KH. .............. kami sampaikan banyak terima kasih. Hadirin dan hadirat serta para undangan sekalian yang berbahagia, demikianlah tadi mauidhatul hasanah, nasehat perkawinan yang telah disampaikan oleh bapak KH. ....................... semoga nasihat dan siraman rohani tadi, bermanfaat bagi kita semua, terlebih bagi mempe\ai berdua untuk dijadikan pedoman dan bekal dalam membina rumah tangga bahagia rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

PENUTUP - DO’A:
Saudara, bapak, ibu, hadirin dan hadirat serta para undangan sekalian yang berbahagia. Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini tibalah kita pada puncak acara, yaitu penutup/pembacaan do’a yang akan dipimpin oleh yang terhormat Bapak KH ............... Namun sebelum do‘a dimulai, kami sebagai pembawa acara Resepsi Pernikahan ini, bila ada kurang lebihya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kepada yang terhormat bapak KH. ............. kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan do’a, kepada beliau kami persilahkan.

Akhirnya, billahittaufik wal hidayah wassalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh.
Demikian Contoh MC/Pembawa Acara Pernikahan Walimatu 'Ursy, BACA JUGA Contoh yang Kedua disini Contoh MC pada acara Perkawinan (Waliamtul Ursy)

16 comments

This comment has been removed by a blog administrator.

Alhamdulillah.. ini sangat membantu

Alhamdulillah ini sangat membantu dan Alhamdulillah sangat jelas,

minta tolong untuk acara siraman donk

Sangat bermanfaat sangat membantu

Jos jazakallohu khoiro kang

jayakhumullah khoiron khatshir,banyak membantu kelancaran belajar

allhamdulillah sangat memnantu sekali..saya ucpkan terimaksih..moga bermanfaat...!!

Semoga bermanfaat bagi ummat yang sedang belajar untuk menjadi pembawa acara (mc) jazaqumullah

Alhamdulillah trimakasih sudah sngat membantu, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, Silahkan berkomentar