Beranda Contoh MC Kata Bijak Sambutan Tata Bahasa Puisi Sastra

Pidato Tutup Tahun (Akhir Tahun)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh
Alhamdulillahi Rabbil 'alamin, wa bihi nasta’iinalaa umuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'ala asyrofi1 anbiyai  wal mursalin, Wa 'ala aalihi wa ash-habhihi ajma’inamma ba'du:

Saudara, hadirin dan hadirat yang berbahagia. 
Marilah terlebih dahulu kita panjatkan puji syukur sedalam-dalamnya kepada Allah swt. yang senantiasa memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, shingga pada saat ini kita berada di penghujung tahun ini, dan tentu kita berharap masih dapat diberi kesempatan untuk menghirup udara tahun depan dengan kondisi yang lebih baik lebih melakukan amal saleh dan dekat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Saudara,hari-hari terus berlalu dengan begitu cepat berganti bulán berganti tahun, begitu seterusnya, tanpa ada toleransi sedikitpun untuk kembali walau barang sejenakpun Kini, sebentar lagi kita akan menutup lembaran tahun ini untuk menuju lembaran tahun yang baru. Dalam konteks sebuah ibarat kegiatan bisnis yang kita lakukan saat ini telah tiba waktunya untuk tutup buku dan menghitung laba rugi selama satu tahun. Demikian dengan hidup yang kita jalani, di akhir tahun seperti sekarag ini, saatnya kita melakukan introspeksi dan evaluasi diri, menghitug laba, rugi atas amal perbuatan yang kita lakukan. Terhadap dosa dosa yang telah kita lakukan, marilah segera bertobat dan megganti dengan amal saleh yang bermanfaat, akan halnya yang bijak, terus kita tingkatkan. Karena kita tidak tahu kapan saatnya ajal menjemput kita. Allah menciptakan kehidupan ini, tidaklah main-main, apa saja yang kita lakukan, semuanya pasti akan diperhitungkan dan dimintai pertanggungjawabakannya di hadapan Allah swt. Perhatikan firman Allah swt :
 يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ وَاخْشَوْا يَوْمًا لا يَجْزِي وَالِدٌ عَنْ وَلَدِهِ وَلا مَوْلُودٌ هُوَ جَازٍ عَنْ وَالِدِهِ شَيْئًا إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ فَلا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ
إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الأرْحَامِ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
"Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutilah suatu hari Yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya, dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya Janji Allah adalah benar, maka Janganlah sekalikali kehidupan dunia memperdayakanmu, dan Jangan (pula) penipu (setan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah. Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat. Dan Dialah yang menurunkan hujan dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakan besok dan tiada seorangpun Yang mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Luqman: 33-34).

Saudara, hadirin dan hadirat yang berbahagia. 
Eva1uasi dan introspeksidiri menjadi sangat penting untuk kita lakukan utamanya menjelang tutup tahun ini, untuk melangkah ke depan Yang lebih baik. Apakah usia kita yang sudah cukup panjang yang telah kita habiskan hingga saat ini, telah kita pergunakan secara benar dan semestinya. Dan apakah amal kebaikan yang telah kita lakukan sudah lebih banyak daripada amal jeleknya? atau justru sebaliknya? Untuk melangkah ke depan yang lebih baik, kita perlu melihat ke belakang, melakukan evaluasi dan introspeksi diri dari perjalanan hidup yang telah kita lalui. Lalu kita susun langkah-langkah strategis, kita hindari yang keliru dan yang salah, dan terhadap yang baik, lebih kita perbaiki dan kita tingkatkan, agar kita menjadi orang yang beruntung. Allah swt. berfirman 
yang artinya: 
  # يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
 # وَلا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan Janganlah kamu seperti orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri." (QS. Al-Hasyr: 18-19)

Ayat tersebut mengisyaratkan agar supaya kita melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap perjalanan hidup yang telah kita lalui, meneliti aktivitas dan amal-amal yang telah berlalu. Itulah sebabnya, maka Umar r.a. berkata: "Hisablah (lakukanlah evaluasi dan introspeksi) diri kamu, sebelum kamu dihisab."Suatu ketika Nabi saw. kedatangan seorang laki-laki dan berkata kepada beliau agar memberikan wasiat kepadanya: "Ya Rasulullah, berilah aku wasiat." Beliau bersabda: "Apakah kamu meminta wasiat?" Laki-laki itu berkata: "Benar, ya Rasulullah." Beliaulalu bersabda: "Kalau kamu ingin melakukan sesuatu, maka lihatlah akibatnya, kalau benar kerjakanlah, tetapi jikalau salah tinggalkanlah."

Saudara, hadirin dan hadirat yang berbahagia. 
Kalaulah sekiranya pada tahun ini kita telah terlanjur banyak melakukan kesalahan dan dosa, marilah kita segera memperbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah dan berusahá sekuat tenaga untuk tidak menjerumuskan diri pada kesalahan yang sama di hari-hari mendatang. Allah swt. berfirman:

 # وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
# الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
 وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ
  # وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
 # أُولَئِكَ جَزَاؤُهُمْ مَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَجَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ

"Dan segeralah kamu kepada surga yang luasnya seluas langitdan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dan Tuhan merekadan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahalaorang-orang yang beramal." QS., Ali Imran: 133 - 136)

Sedangkan kebaikan yang pernah kita lakukan, marilah teruskita pelihara dan kita kembangkan serta memohon kepada-Nyaagar diberikan pertolongan dan kekuatan untukbisa terus melakukanaktivitas kesalehan secara istiqamah dan lebih baik. Kita manfaatkanwaktu sebaik-baiknya dengan melakukan amal saleh, agar kita tidaktergolong orang yang merugi. Allah swt. berfirman:

  # وَالْعَصْرِ
 # إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dannasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehatmenasehati supaya menetapi kesabaran." (QS. A1-Ashr: 1-3).

Demikianlah, pidato tutup tahun yang dapat saya sampaikan, akhirnya, saya ucapkan selamat menyongsong tahun baru, semoga kehidupan kita akan terus mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik, hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari-hari mendatang akan lebih baik dari hari ini, sehingga kita termasuk orang-orang yang beruntung, baik di dunia maupun akhirat.

Bilahitaufiq wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh.

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, Silahkan berkomentar