Beranda Contoh MC Kata Bijak Sambutan Tata Bahasa Puisi Sastra

Hujan adalah Rahmat maka berbahagialah

Assalamu;alaikum Wr. Wb.

Para Hadirin yang saya Muliakan.
Betapa Besar Nikmat yang telah Allah Berikan kepada kita sekalian, di muka bumi ini, dengan menjadikan kita sebagai mahluk yang diciptakan, dengan demikian kita pula diberikan banyak kelebihan. maksudku adalah kita sebagai manusia yang paling utama diantara lainnya (makhluk lainnya) akan tetapi apakah kita berfikir bagaimanakah cara bersyukur kita kepadaNya. dalam ceramah kultum kali ini saya persempit tema nya adalah tentang hujan.

ujan adalah Rahmat

Hujan merupakan sebuah nrahmat Allah Swt. yang diberikan kepada kita sekalian, banyangkan jika kalian pelajari proses bagaimana terbentuknya hujan dari step by step, dalam ilmu fisika diterangkan, betapa hebatnya dan indahnya hujan tersebut, terlebih betapa bermanfaatnya hujan itu. Namun, tak sedikit diantara kita sebagai manuasia yang menyatakan Hujan adalah bencana. mengenai hujan merupakan bencana hal itu memanglah ada benarnya akan tetapi pada seabuah daerah tertentu dan pada penduduk tertentu. seperti Hujan yang mengakibatkan banjir pada Zaman Nabi Nuh AS. Seperti yang dituangkan  dalam  AlQur'an (QS Hud [11]: 37, al-Qamar : 11-12), atau hujan batu pada masa Nabi Luth AS. Hal ini berbeda jika banjir yang terjadi seperti pada keluarga Saba' (Abd Syams bin Yasyjab bin Ya'rab bin Qahthan (QS Saba' [34]: 16) dengan berbagai kriteria yang dinyatakan dalam Alquran.

Dalam kriteria Hujan dan Musibah atau azab dalam Al-Qur'an tersebut diatas itu hanya terjadi pada beberapa kisah , pada hakikatnya hujan merupakan sebuah Rahmat seperti yang tertulis pada surah al-Anfal [8]: 11), al-Furqan [25]: 48-49, dan lainnya. Hujan itu menjadi berkah untuk membersihkan dari berbagai hal, menumbuhkan tanah yang mati, dan lain sebagainya. Jika kita melihat struktur air, maka dapat ditemukan dalam satu molekul air terdiri atas satu atom oksigen yang besar (bermuatan positif) ditempeli dua atom hidrogen yang kecil (bermuatan negatif) dalam sebuah ilmu fisika, dan alangkah bermanfaatnya bagi makhluk hidup dan kita sekian dimuka bumi ini. Karenanya, bagian oksigen molekul air tersebut masih dapat menarik atom hidrogen dari molekul air lainnya, termasuk zat-zat kimia lain. Selain sebagai pelarut yang baik, air juga termasuk makanan yang sangat penting bagi manusia, setelah oksigen dari udara untuk bernapas.

Dalam salah satu hadisnya, Nabi SAW menyatakan bahwa doa ketika sedang hujan oleh Allah dikabulkan. "Dua ketika (di mana doa) tidak ditolak atau sedikit sekali yang ditolak: (yaitu) berdoa ketika azan dan ketika pertempuran sedang berkecamuk (dan dalam satu riwayat mengatakan) dan ketika hujan." (HR Abu Daud). sudah sangatlah jelas dalam hadist Nabi tersebut betapa sangat bermanfaatnya Hujan, masih adakah bagi diri kita berfikir bahwa hujan adalah sebuah musibah, adapula kenapa hujan yang berkepanjangan mengakibatkan banjir atau menjadikan anda malas beraktivitas lantaran takut kebasahan. ini tidaklah rasional. 

Hujan yang mengakibatkan banjir pada luapan air sungai contohnya kemudian meluap pada sebuah wilayah, itu semua karena ulah tangan manusia itu sendiri yang mengakibatakan kontrol air yang tidak terakomodir sepertihalnya penebangan hutan, atau membuang sampah tidak pada tempatnya yang mengakibatkan banjir. dan tidak ada kaitannya dengan hujan atau akibat hujan. oleh karena itu marilah kita lestarikan alam kita dengan sebaik-baiknya, 

Sekian ceramah Kultum saya pada kesempatan kali ini, Akhir kata

Wassalamu'alaikum Wr, Wb.

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, Silahkan berkomentar